Sabtu, 21 November 2009

Bebek Goreng & Bakar Populer

Devita Sari - detikFood, http://www.detik.com, Rabu, 01/08/2007 10:17 WIB

Jakarta - Penasaran ingin membuat bebek goreng yang empuk nan lezat? atau ingin menggali rahasia agar bebek tidak berbau amis?

Tak perlu bingung, karena jawabannya ada di buku mungil ini. Berbagai variasi olahan bebek dari berbagai daerah, plus cara membuat aneka sambal pun tersaji komplet. Bahkan, siapa tahu impian untuk menjadi juragan bebek dapat terwujud. Nah, cobain yuk!! Mungkin bagi sebagian orang bebek bukanlah makanan favorit.


Bau amis yang mengganggu ketika menyantap makanan ini membuat orang enggan untuk menyantapnya. Padahal jika diolah dan disajikan dengan benar, bebek dapat menjadi hidangan yang unik dan luar biasa lezat. Di buku yang berjudul Bebek Goreng & Bakar ini sang penulis mengupas tentang rahasia menghidangkan sajian bebek yang lezat dan gurih.

Pada awal bab, sang penulis yaitu Ibu Odilia Winneke yang berpengalaman sebagai food editor dan food stylist ini mengungkapkan awal mula bebek atau itik dan jenis-jenisnya di Indonesia. Sedangkan pada bab berikutnya dijelaskan cara-cara mengolah bebek yang baik dan benar. Selain agar tidak berbau anyir, juga untuk menambah rasa gurih bebek ketika dimasak. Dimana hal tersebut sebenarnya merupakan kunci penting dalam memasak hidangan bebek.

Pada bab selanjutnya pembaca akan disodori dengan aneka hidangan bebek dari berbagai wilayah di Indonesia. Pada halaman 10 contohnya, terdapat resep Bebek Goreng Surabaya yang gurih dan empuk plus foto-foto cantik hasil jepretan kamerawan Harry Wibawa.

Selanjutnya terdapat resep Bebek Goreng Kremes, yaitu bebek goreng yang ditaburi kremesan yang kress...kress diatasnya ini merupakan hidangan bebek yang cukup populer saat ini; Bebek Goreng Bali, yaitu sajian bebek yang berasal dari Bali ini biasanya disajikan dengan pelengkap sambal matah dimana cara pembuatannya pun akan dibeberkan di akhir bab.

Selain bebek goreng masih banyak resep bebek bakar lainnya yang tak kalah lezat. Bebek Bakar Banyumas yang dilumuri oleh kecap dan irisan cabai rawit merah dan hijau ini sangat menarik dan unik untuk dicoba. Jika suka rasa yang lebih pedas Anda dapat mencoba resep Bebek Bakar Cabai yang rasa pedasnya cukup mengigit... dijamin Anda pun akan terengah-engah kepedasan. Sajian bebek goreng ataupun bakar tidak akan komplet jika tanpa sambal.

Di akhir bab, tak lupa penulis menyajikan resep-resep aneka sambal yang cocok untuk sajian bebek. Sambal matah yang unik ini didominasi dengan irisan bawang dan cabai rawit merah; sambal mangga, yaitu mangga yang diserut halus ini dicampur dengan sambal yang telah dihaluskan; Sambal Rawit; hingga Sambal Cabai Hijau yang puedesss... semuanya dituturkan komplet mulai dari bahan-bahan hingga cara membuatnya.

Nah, jika ingin membuat bebek yang gurih dan lezat tak perlu menjadi pakar bebek. Dijamin, dengan buku terbitan Gramedia ini Anda dapat membuat hidangan bebek secantik dan seenak sajian resto. Apalagi karena semua resepnya telah diuji coba, jadi kemungkinan gagal pun akan semakin kecil. Selamat mencoba ya!!

Hidangan Favorit Terpopuler Bebek Goreng & Bakar Odilia Winneke PT Gramedia Pustaka Utama Harga : Rp 30.000,00 Dapat diperoleh di semua toko buku Gramedia (dev/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar