Kamis, 19 November 2009

Mencicipi Sate Menthok dari Tuban

Ervita - detikFood [www.detik.com]


Jakarta - Beberapa bulan lalu Ibu saya memberi selebaran ada Restaurant baru di daerah Bintaro Jaya, namanya Ronggolawe, menyediakan makanan khas Tuban, Jawa Timur. Menu utamanya memakai daging menthok. Menthok adalah unggas yang mirip itik atau bebek, dengan kaki dan leher yang lebih pendek. Hmm... rasanya seperti apa ya? Jadi penasaran nih!

Akhirnya jadilah saya, adik dan mama pergi ke sana untuk makan siang. Kebetulan juga bertepatan dengan acara menginap di rumah orang tua yang berada di daerah Bintaro. Rumah makannya menempati salah satu dari deretan ruko dekat Bintaro Jaya Plaza.

Sewaktu datang, suasana sepi, tidak ada pengunjung lain. Di tiap-tiap meja terdapat hiasan penjual legen dalam bentuk mini. Tidak menunggu lama, kami segera memesan menu sate menthok seharga Rp 20.000,00 dan becek menthok Rp 15.000,00. Untuk sayurnya dipesan sayur asem kuning Rp 3000,00.

Minumnya adik saya mencoba es legen, Rp 5000,00, sedang yang lain memesan minuman standar berupa es teh manis. Selain menu-meu tersebut ada menu lain seperti mentok goreng dan mentok bakar, dan berbagai macam menu ikan serta ayam.

Makanan datang agak lama. Pertama sayur asam datang lebih dulu, penampilannya beda dengan sayur asam pada umumnya, kuahnya kuning dan rasanya sedikit pedas. Isinya ada potongan wortel, kacang panjang dan beberapa potong udang. Rasanya? Hmm... bolehlah, tidak mengecewakan. Cukup segar untuk jadi teman makan sate menthok nanti.

Selanjutnya, sang becek menthok pun tiba. Becek menthok adalah daging menthok yang dimasak dengan kuah kuning nyaris seperti gulai. Rasanya gurih, tetapi sayang dagingnya agak alot. Sate menthok datang paling terakhir dengan sambal kecap, dan disertai hiasan terakhir potongan tomat, bawang merah dan cabai hijau.

Untuk rasa dagingnya sendiri mirip-mirip daging bebek, dan kali ini untuk daging menthok untuk sate lumayan empuk, beda dengan beceknya. Sedangkan untuk es legen, rasanya cukup unik, seperti air tape. Nah, buat yang penasaran ingin mencicipi rasa daging menthok bisa mampir rumah makan ini.

Rumah Makan Ronggolawe
Jl. Bintaro Utama 3A Ruko Victorian Blok C No 2
(Samping Sekolah Pembangunan Jaya), Bintaro
Telp: 021-7340416 ( dev / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar