Jumat, 20 November 2009

Telur Asin Laris, Brebes Kekurangan Telur Bebek

Dari www.kompas.com, edisi Jumat, 5 September 2008 | 20:03 WIB

BREBES, JUMAT - Kebutuhan telur itik untuk bahan pembuatan telur asin di Kabupaten Brebes menjelang lebaran tahun ini, meningkat hingga tiga kali lipat bila dibandingkan hari-hari biasa. Meskipun demikian, produksi telur itik yang ada di sana, hanya mampu memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan yang ada.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, Nono Setyawan, Jumat (5/9) mengatakan, penjualan telur asin selama musim lebaran selalu meningkat. Telur asin merupakan salah satu jenis makanan khas Brebes yang banyak diburu oleh pemudik.

Akibat meningkatnya penjualan telur asin, kebutuhan telur itik juga meningkat. Diperkirakan, kebutuhan telur itik selama bulan September ini mencapai 9 juta butir, atau naik tiga kali lipat bila dibandingkan hari-hari biasa. "Saat ini lonjakan permintaan telur itik sudah mulai terjadi, karena proses pengasinan membutuhkan waktu sedikitnya 10 hari," ujarnya.

Menurut Nono, tingginya kebutuhan telur itik belum diimbangi dengan tingginya produksi telur dari peternak. Rata-rata, produksi telur itik di Brebes hanya sekitar 4,88 juta butir per bulan. Telur itu diperoleh dari sekitar 325 orang orang peternak, yang t ersebar di sepanjang wilayah pantura, meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, dan Losari.

Kekurangan telur itik di Brebes selama musim lebaran ini, diharapkan dapat dipenuhi dari produksi telur itik di wilayah Tegal, Pemalang, dan beberapa wilayah di Jawa Timur.

Nono mengakui, melonjaknya permintaan telur pada musim lebaran selalu terjadi setiap tahun. Meskipun demikian, antisipasi untuk meningkatkan produksi telur itik masih sulit dilakukan, karena populasi itik masih terbatas. Kepemilikan itik di masing-masing peternak juga masih sedikit.

"Rata-rata peningkatan jumlah peternak itik di Brebes hanya sekitar 10 persen per tahun. Sebenarnya, peluang peternakan itik masih terbuka lebar. Namun yang berminat hanya itu-itu saja," katanya.

Terkendala Modal

Ketua Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) Adem Ayem Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Atmo Suwito Rasban mengatakan, menjelang lebaran, harga telur itik naik dari Rp 900 menjadi Rp 1.100 per butir, sedangkan harga telur asin naik dari Rp 1.600 menjadi Rp 2.000 per butir.

Meskipun demikian, peternak masih sulit menaikkan produksi karena terkendala modal. Mereka mampu membeli itik baru, namun tidak mampu membeli pakan. Terlebih saat ini, harga pakan itik yang terdiri dari bekatul, ikan, dan sayuran (kangkung atau bayam) san gat mahal. Harga bekatul Rp Rp 1.500 per kilogram, sedangkan harga ikan Rp 1.200 per kilogram.

"Saat ini kami masih sanggup mengimbangi harga pakan karena harga jual telur itik mahal. Seharusnya agar terjangkau oleh peternak, harga bekatul maksimal Rp 1.000 per kilogram," ujarnya. Hingga saat ini, rata-rata kepemilikan itik di masing-masing peterna k sekitar 750 hingga 1.000 ekor per orang. [Siwi Nurbiajanti]

3 komentar:

  1. Salam Kenal ..
    Saya Tanto. Saya bekerja di pabrik Pt. Tepung Emas. Kami Produsen tepung ikan yang berlokasi di jl. Raya bypass krian kav. 101 – Sidoarjo.
    Kami memproduksi tepung ikan dengan kadar protein 45% – 50%. Bahan baku : pilet ikan surimi, ikan petek, ikan tuna dan Bone Meal ( tepung tulang sapi)
    Adapun spek Tepung Ikan :
    - Protein : 45% - Harga : Rp. 4.700/kg
    - Protein : 50% - Harga : Rp. 5.400/kg
    - Moisture ; Max. 12%
    - Kalsium : Min. 10%
    - Phosfor : Min 4%
    - Serat kasar : max. 5%

    Tepung ikan yang kami produksi menggunakan campuran atau tambahan “Bone Meal” untuk menaikkan kadar kalsium.
    Kandungan kalsium (Ca) yang ada pada Tepung Ikan kami hampir sama dengan jumlah kandungan kalsium (Ca) pada MBM. sangat sesuai untuk unggas petelur dan pertumbuhan unggas.
    Kalsium merupakan unsur yang paling esensial dalam pembentukan kulit telur dan untuk menghasilkan kualitas telur terbaik.
    Trima kasih.
    Contack person: TANTO
    Tlip: (031)70889819, 08121740404, 08175003911
    Email : hartanto_te@yahoo.co.id
    YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id
    - Untuk awal pemesanan dan untuk pembuktian kualitas tepung ikan kami, pemesanan order bisa 1 ton.
    - Kami siap mengirim contoh tepung ikannya ke alamat Bpk/Ibu.
    - Selama penggunaan tepung ikan kami, kami akan selalu berkomunikasi dengan pelanggan kami.

    BalasHapus
  2. harga berapa bebek bobot 1.2kg hidup. dan bebek afkir harga berapa

    BalasHapus
  3. Q ada telur bebek barang kali minat

    BalasHapus